Senin, 02 Juni 2008

Lomba Insinyur Cilik PII 2008

Nggak terpikirkan sebelumnya, bahwa saya ikut berproses dalam menggagas dan menjalankan program PII ( Persatuan Insinyur Indonesia) yang di namakan Loma Insinyur Cilik, sebuah upaya untuk pengenalan dan penumbuhan rasa suka pada anak tentang keinsinyuran.

Adalah pada tahun 2006, pada saat Kongres PII salah satu rangkaiannya ada lomba Insinyur Cilik. Karena saya punya link ke PII dan sedang merintis dan menjalankan Kegiatan Kids Science Club (KSC), maka langsung aja kegiatan lomba Irci ini pun saya langsung punya gagasan khususnya dengan metode dan jenis lomba serta parameter-parameter penilaiannya. Sedang panitia pelaksanaan secara menyeluruh oleh FAM (Foeum Angkatan Muda ) PII, saya dan team KSC Sahabat Cahaya focus mengkonsep dan menjalankan acara khususnya terkait dengan ice breaking, fun game, games experiment sains dan games-games keinsinyuran baik yang analisa, kreatifitas, problem solving, konstruksi secar individu maupun team. Yang jelas tetap dalam suasana fun kombinasi indoor dan outdoor.

Tahun 2006 tingkat SD di Jakarta area, tahun 2007 tingkat SMP di Bandung area. ( cerita detail , terpisah).

Tahun 2008 ini, bersamaan Rapimnas PII, kegiatan inipun berjalan lagi untuk kelas SD dengan pusat kegiatan di Museum Energi TMII. Setelah melalui seleksi dari pendaftar2 yang ada, yang bergabung dalam pekan final ada 30 anak. Petualangan Insinyur Cilik pun di mulai , mulai dari wawasan keininyuran, kunjungan lab FTUI lalau mengkuti paket lomba yang tahun ini bertema " Insinyur Cilik Siap Selamatkan Bumi".

(Cerita bersambung...)

Tidak ada komentar: